“EFEKTIFITAS SITUS E-COMMERCE BAGI PENJUAL“ (Studi Deskriptif Kualitatif pada Perspektif Member Aktif Toko Bagus.Com)

Ficah , Pergiwati (2013) “EFEKTIFITAS SITUS E-COMMERCE BAGI PENJUAL“ (Studi Deskriptif Kualitatif pada Perspektif Member Aktif Toko Bagus.Com). Undergraduate thesis, Faculty of Social Sciences and Political Science.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1) - Published Version
Download (343Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2 - daftar pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (1619Kb)

      Abstract

      Situs e-commerce ( perniagaan elektronik ) sebagai bagian dari electronic business atau bisnis yang menggunakan electronic tranmission. E-commerce menggunaan internet dan web untuk transaksi bisnis yang dimungkinkan secara digital antara organisasi dengan organisasi atau dengan individu serta antar individu. Dalam perkembangannya e-commerce semakin semarak dengan adanya website, telah banyak organisasi – organisasi bisnis yang menjalankan ecommerce. Namun tidak hanya perusahaan besar yang bisa menggunakan situs ecommerce, perusahaan baru maupun penjual individupun bisa menggunakannya. TokoBagus.com merupakan salah satu situs e-commerce dengan konsep Consumer to Consumer ( C2C ) yang berfokus kepada aktivitas jual – beli. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh pihak member ( Merchant ) yang menjual dan memasarkan produknya secara gratis. Situs ini dikelola oleh perusahaan bernama PT Tokobagus yang didirikan dua pemuda asal Belanda yaitu, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker pada tanggal 9 Juni 2005. TokoBagus.com terbentuk karena melihat perkembangan jual – beli online di Amerika yaitu di situs Amazon.com berkembang sangat pesat, lalu mereka melihat bahwa di Indonesia sebagai pasar yang berpotensi dan internet semakin berkembang di Indonesia. Dalam perkembangannya TokoBagus.com selalu memperbarui fitur – fiturnya agar penggunanya mendapatkan kemudahan dengan menggunakannya. Hingga saat ini TokoBagus.com mampu mendapatkan kepercayaan dari masyarkat dengan segala prestasi – prestasi yang diraih dan menjadi situs jula – beli nomor satu di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran atas uraian suatu keadaan sejernih mungkin, tanpa adanya perlakuan terhadap objek yang diteliti. Metode ini merupakan penelitian yang digunakan untuk meneliti obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah instrument kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara yang mendalam (in-depth interview). Hasil studi menunjukan bahwa situs e-commerce sangat efektif bagi penjual jika dilihat dari perspektif member aktif TokoBagus.com. Hal ini dikarenakan situs e-commerce TokoBagus.com saat ini menjadi situs jual – beli nomor satu di Indonesia dengan prestasi – prestasi yang diraih TokoBagus.com mampu berhasil menembus jumlah member aktif hingga dua juta lima ratus ribu orang lebih sejak didirikan delapan tahun silam dan lebih dari seratus ribu pengunjung ( Unique Visitor ) setiap harinya. Hal tersebut menjadi peluang yang sangat baik dalam menjalankan pemasaran online. Pasar yang luas, kemudahan dan fitur – fitur yang user friendly. Sehingga membuat situs e-commerce TokoBagus.com disadari, diminati,diinginkan, dan terjadi tindakan pembelian (AIDA) pada produk atau jasa yang diiklankan oleh member aktif TokoBagus.com dan pada akhirnya pencapaian AIDA tersebut memberikan dampak yang signifikan pada tingkat kecepatan penjualan, tingkat traffic (kunjungan), dan pendapatan dari penjualan. Dengan kata lain fakta – fakta tersebut membuktikan situs e-commerce cukup efektif bagi penjual. Kata Kunci : Efektifitas, Situs E-commerce, Dampak (AIDA), Kecepatan, Traffic, Pendapatan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5410 Marketing. Distribution of products
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Business Administration
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 26 Jul 2013 13:34
      Last Modified: 26 Jul 2013 13:34
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4525

      Actions (login required)

      View Item