PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ), KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)

ABDUL , GOFUR JAELANI (2013) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ), KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur). Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1) - Published Version
Download (1344Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1363Kb)

      Abstract

      Teknologi yang semakin berkembang dalam dunia globalisasi sekarang ini telah membawa pengaruh besar pada sistem pendidikan akuntansi serta memudahkan mahasiswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuannya. namun teknologi yang semakin berkembang tersebut bukanlah jaminan bagi dunia pendidikan untuk mencapai keberhasilan. Salah satu faktor yang dapat mendukung keberhasilan pendidikan tinggi akuntasi adalah sikap dan mental mahasiswa dalam mengembangkan kepribadiannya. Penelitian ini merumuskan masalah mengenai apakah Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Spiritual berpengaruh pada Pemahaman Akuntansi mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Angkatan 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris dan membuktikan adanya pengaruh antara Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Spiritual terhadap Pemahaman Akuntansi. Variabel yang digunakan adalah Kecerdasan Emosional (X1), Kecerdasan Intelektual (X2), dan Kecerdasan Spiritual (X3) terhadap Pemahaman Akuntansi (Y). Skala dalam penelitian ini yaitu skala likert. mahasiswa Strata satu (S1) program studi Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran” Jawa Timur angkatan tahun 2010 yang berjumlah 189 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 33 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini adalah model Partial Least Square (PLS) yang dihasilkan cocok untuk menguji pengaruh Kecerdasan Emosional (X1), Kecerdasan Intelektual (X2), dan Kecerdasan Spiritual (X3) terhadap Pemahaman Akuntansi (Y). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Spiritual tidak berpengaruh pada Pemahaman Akuntansi, sedangkan variabel Kecerdasan Emosional berpengaruh terhadap Pemahaman Akuntansi. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Spiritual dan Pemahaman Akuntansi

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 08 Nov 2013 10:43
      Last Modified: 08 Nov 2013 10:43
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4582

      Actions (login required)

      View Item