PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP FULL DAY SCHOOL DI SURABAYA

Febry Freida , Tri Iriani (2013) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP FULL DAY SCHOOL DI SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Politics.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I) - Published Version
Download (544Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (614Kb)

      Abstract

      Komunikasi interpersonal merupakan keterlibatan internal secara aktif dan individu menjadi pengirim sekaligus penerima pesan, memberikan umpan balik bagi dirinya sendiri dalam proses internal yang berkelanjutan, komunikasi interpersonal dapat memicu bentuk komunikasi yang lainnyaKomunkasi interpersonal juga dapat terjadi dalam lingkup keluarga salah satunya antara orang tua dan anak, secara psiklogis orang tua mempunyai emosional yang sangat dekat dengan anak serta memiliki peranan yang kuat untuk dapat memberikan memberiakn pengaruh kepada anak sehingga akan termotivasi untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal orang tua dan anak dimensi Openness (keterbukaan) dan Supportiveness (mendukung) terhadap motivasi belajar siswa SMP Full Day School Di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Surabaya yang berusia lebih dari 12-15 tahun karena dianggap pada usia tersebut masyarakat sedang menempuh pendidikan SMP dan merupakan remaja awal dan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Pengumpulan data untuk penelitian disini menggunakan dua pendekatan yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda Dari hasil pengujian didapatkan hasil Hipotesis pertama yang berbunyi diduga komunikasi interpersonal orang tua dan anak dimensi Openness (keterbukaan) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa Full Day School Di Surabaya dapat diterima kebenarannya karena nilai signfikan yang diperoleh sebesar 0,036 dan lebih kecil dari 0,05. Hipotesis kedua yang berbunyi diduga komunikasi interpersonal orang tua dan anak dimensi Supportiveness (mendukung) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa Full Day School Di Surabaya dapat diterima kebenarannya karena nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0,032 dan lebih kecil dari 0,05 Keyword : Pengaruh, Komunikasi Interpersonal, Orang Tua, Anak, Motivasi Belajar, Full Day

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media > P94.7 Interpersonal communication
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 03 Sep 2013 14:35
      Last Modified: 03 Sep 2013 14:35
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4592

      Actions (login required)

      View Item