MARIO , ZEFANYA KUMENTAS (2013) KINERJA ACCOUNT REPRESENTATIVE DALAM MENENTUKAN KUALITAS PEMERIKSAAN PAJAK (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sidoarjo Utara). Undergraduate thesis, Faculty of Economics.
| PDF (cover - bab 1) - Published Version Download (333Kb) | Preview | |
PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version Restricted to Repository staff only Download (638Kb) |
Abstract
Modernisasi sistem perpajakan dilingkungan DJP bertujuan untuk menerapkan Good Governance dan pelayanan prima kepada masyarakat. Struktur organisasi diberi fleksibilitas yang cukup untuk dapat selalu menyesuaikan dengan lingkungan eksternal yang sangat dinamis, termasuk perkembangan dunia bisnis dan teknologi. Implementasi konsep administrasi perpajakan yang berorientasi pada pelayanan dan pengawasan. Terdapat posisi baru yang disebut Account Representative,yang mempunyai tugas antara lain memberikan bantuan konsultasi perpajakan kepada Wajib Pajak, memberitahukan peraturan perpajakan yang baru, dan mengawasi kepatuhan wajib pajak. Account Representative diharapkan dapat membantu peningkatan penerimaan pajak yaitu dengan pembuatan profil Wajib Pajak yang nantinya akan digunakan sebagai dasar acuan dalam tahapan awal pelaksanaan pemeriksaan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Account Representative dalam menentukan kualitas pemeriksaan pajak di KPP Pratama Sidoarjo Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan secara wawancara, observasi langsung, dan analisa dokumen. Analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penerapan mekanisme kerja Account Representative di KPP Pratama Sidoarjo Utara telah melaksanakannya dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil wawancara yang didapat dari para informan di KPP Pratama Sidoarjo Utara. Disisi lain kurangnya jumlah Account Representative pada KPP Pratama Sidoarjo Utara mengakibatkan pembengkakan jumlah Wajib Pajak yang harus menjadi tanggung jawab setiap satu orang Account Representative. Hal tersebut menimbulkan kendala dalam pembuatan profil Wajib Pajak yang membutuhkan waktu cukup lama dan bertambahnya biaya operasional yang dibutuhkan. Kata Kunci: Pajak, Kinerja Account Representative, Kualitas Pemeriksaan Pajak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5681.T3 Tax Accounting H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ2240 Revenue. Taxation. Internal revenue |
Divisions: | Faculty of Economics > Accounting |
Depositing User: | Fitri Yulianto |
Date Deposited: | 21 Nov 2013 08:45 |
Last Modified: | 21 Nov 2013 08:45 |
URI: | http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4628 |
Actions (login required)
View Item |