ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada perusahaan PO. Pratama Putra Sidoarjo)

Rendha , Trisandy Putra (2013) ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada perusahaan PO. Pratama Putra Sidoarjo). Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1) - Published Version
Download (558Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (972Kb)

      Abstract

      PO. Pratama Putra merupakan perusahaan jasa transportasi pariwisata yang berada di kawasan Sukodono – Sidoarjo bergerak dibidang persewaan bus, paket tour wisata, serta saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas asuransi. PO. Pratama Putra telah berpengalaman dalam berbagai perjalanan wisata sehingga perusahaan ini telah dipercaya banhyak agen travel, pada tahun 2010 perusahaan ini mencapai jumlah pelanggan terbanyak semenjak berdiri yaitu sebanyak 772 pelanggan baik travel maupun non travel. Hal ini merupakan hasil positif bagi perusahaan, namun pada tahun 2011 jumlah pelanggan mengalami penurunan menjadi 624 pelanggan, hal ini mengindikasikan kinerja perusahaan ini sedang mengalami penurunan. Kondisi ini kemungkinan disebabkan oleh adanya penurunan produktifitas karyawan dalam hal menjalankan fungsi dan tanggung jawab mereka sebagai karyawan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan kepuasan kerja karyawan terhadap kinerja perusahaan di PO. Pratama Putra Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 108 responden dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis yang dipergunakan adalah Partial Least Square (PLS) untuk mengetahui kausalitas antar variabel yang dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa faktor Kepemimpinan berpengaruh negative terhadap faktor Kepuasan Kerja, tidak dapat diterima atau signifikan (positif), dan faktor Kepuasan Kerja berpengaruh positif terhadap faktor Kinerja Perusahaan, dapat diterima atau signifikan (positif). Artinya, model konseptual yang dikembangkan dan dilandasi oleh teori tidak sepenuhnya didukung oleh fakta. Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Kinerja Perusahaan

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD58.7 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 15 Nov 2013 16:29
      Last Modified: 15 Nov 2013 16:29
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4692

      Actions (login required)

      View Item