PERAN FUNDAMENTAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIK DIBURSA EFEK INDONESIA

TITRIS , SARI MUSTIKA NINGRUM (2013) PERAN FUNDAMENTAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIK DIBURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1) - Published Version
Download (239Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1628Kb)

      Abstract

      Tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan kemakmuran stakeholder, hal ini dapat dicapai dengan memaksimalkan nilai perusahaan. Tetapi terkadang perusahaan gagal untuk meningkatkan nilai perusahaan, yang salah satunya penyebabnya adalah kurang cermatnya perusahaan dalam mengaplikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Hal tersebut membuat kinerja perusahaan dipandang buruh oleh stakeholdersnya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel profitabilitas, leverage, Firm Size dan kebijakan deviden, terhadap nilai perusahaan yang diproksokan dengan PBV (Price Book Value). Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang go public di BEI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini tidak ada sebab semua data sampel ada dalam anggota populasi, maka jumlah sampel perusahaan Manufaktur yang memiliki data sebanyak 33 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) Berupa laporan keuangan yang terangkum dalam Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Sedangkan untuk pengujian data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan asumsi klasik menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan (1) Profitabilitas mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) Leverage mempunyai pengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) Firm Size mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan (4) Kebijakan Deviden mempunyai pengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Keyword : Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Firm Size, Kebijakan Deviden

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 15 Nov 2013 16:22
      Last Modified: 15 Nov 2013 16:22
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4702

      Actions (login required)

      View Item