ANALISIS TINGKAT KESUKSESAN PRODUK DALAM MEMPENGARUHI KINERJA PEMASARAN SMARTPHONE BLACKBERRY DI SURABAYA

FENI , ANDRIANTI (2013) ANALISIS TINGKAT KESUKSESAN PRODUK DALAM MEMPENGARUHI KINERJA PEMASARAN SMARTPHONE BLACKBERRY DI SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img] PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1114Kb)
    [img]
    Preview
    PDF (cover - bab 1) - Published Version
    Download (389Kb) | Preview

      Abstract

      Data hasil penjualan produk smartphone blackberry di Surabaya periode Agustus 2011 – April 2012 menunjukkan bahwa diketahui bahwa hasil penjualan Smartphone Blackberry di Surabaya yang cenderung mengalami penurunan. Hal ini didukung oleh Daftar TBI (Top Brand Indeks) Smartphone Blackberry dari tahun 2011 - 2012 yang menunjukkan bahwa nilai top brand index (TBI) pada Smartphone BlackBerry tahun 2011 bernilai 41,5 %, selanjutnya pada tahun 2012 nilai Top Brand Index (TBI) Smartphone BlackBerry mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2011 yaitu menjadi 40,7 %. Fenomena tersebut merupakan permasalahan yang ada pada penjualan produk smartphone blackberry di Surabaya yang harus segera diselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, pengelolaan pengetahuan konsumen dan keunggulan produk terhadap tingkat kesuksesan produk pada produk Smartphone Blackberry di Surabaya Data yang digunakan adalah data primer yaitu data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden yaitu pemilik counter yang menjual Smartphone Blackberry di Surabaya. Skala pengukuran yang digunakan adalah semantic differential scale dengan teknik pengukuran dengan jenjang 1-5. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling tepatnya simple random sampling yaitu pemilihan sampel secara acak tanpa pertimbangan- pertimbangan tertentu. Pengambilan sampel didasari asumsi SEM bahwa besarnya sampel yaitu 5 – 10 kali parameter yang diestimasi. Pada penelitian ini ada 15 indikator, sehingga jumlah sampel yang diestimasi yaitu antara 75-150. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM untuk melihat pengaruh promosi, pengelolaan pengetahuan konsumen, dan keunggulan produk terhadap tingkat kesuksesan produk dan dampaknya pada kinerja pemasaran. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesuksesan produk berpengaruh dan positif terhadap kinerja pemasaran produk Smartphone Blackberry di Surabaya, sedangkan promosi, pengelolaan pengetahuan konsumen dan keunggulan produk tidak berpengaruh dan positif terhadap tingkat kesuksesan produk Smartphone Blackberry di Surabaya. Kata Kunci: Promosi, Pengelolaan Pengetahuan Konsumen, Keunggulan Produk, Tingkat Kesuksesan Produk, dan Kinerja Pemasaran.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 15 Nov 2013 15:30
      Last Modified: 15 Nov 2013 15:30
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4725

      Actions (login required)

      View Item