ANALISIS MANAJEMEN KUALITAS DENGAN PENDEKATAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT BERBASIS DEMING PRIZE DI PT. X - SURABAYA

AJI, PRASETIYO (2013) ANALISIS MANAJEMEN KUALITAS DENGAN PENDEKATAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT BERBASIS DEMING PRIZE DI PT. X - SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Industrial Technology .

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I) - Published Version
Download (1502Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1338Kb)

      Abstract

      Suatu perusahaan perlu meningkatkan manajemen kualitas dalam usaha mempertahankan diri dan bersaing dengan perusahaan lain. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan konsumen dengan melibatkan seluruh anggota organisasi dan seluruh fungsi organisasi, yang menyangkut masalah strategis, pemasaran, dan aspek manusia dari organisasi atau perusahaan. PT. X – Surabaya adalah perusahaan percetakan yang bergerak di bidang flexible packaging . Untuk sementara, perbaikan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut lebih banyak menitik beratkan terhadap kualitas produk (eksternal). Padahal kualitas produk harus ditunjang oleh kualitas internal perusahaan, sehingga dengan sendirinya akan mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan. TQM ( Total Quality Management ) adalah suatu sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan konsumen dengan melibatkan seluruh anggota organisasi. Salah satu cara pendekatan dari aspek-aspek tersebut ialah dengan menggunakan Deming Prize . Deming Prize sendiri akan meninjau kualitas internal tersebut berdasarkan kategori yang terdapat di dalam Deming Prize . Dimana dari kategori-kategori yang ada tersebut akan digunakan sebagai variabel untuk menganalisa manajemen kualitas perusahaan. Berdasarkan hasil dan analisa data, maka didapatkan hasil dimana score untuk keadaan perusahaan sebesar 3,78 ; proses kerja sebesar 3,56 ; alat manajemen sebesar 3,08 ; dan output yang dihasilkan sebesar 4,59. Nilai-nilai tersebut telah melebihi target score yang telah ditetapkan masing masing variabel. Hal ini berarti secara umum variabel-variabel yang diteliti sesuai dengan kebijakan Total Quality Management berdasarkan Deming’s Management. Dengan masalah utama yang harus diperhatikan oleh pihak perusahaan adalah mengenai kurangnya pelibatan karyawan, dan minimnya pemberian penghargaan kepada karyawan. Kata Kunci : Total Quality Management, Deming Prize, Persepsi Karyawan

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS155 Production management. Operations management > TS156 Quality control
      Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 09 Dec 2013 12:45
      Last Modified: 09 Dec 2013 12:45
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4799

      Actions (login required)

      View Item