KUALITAS PELAYANAN KTP DI KANTOR KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO

Ahmad , Haidar Rohman (2013) KUALITAS PELAYANAN KTP DI KANTOR KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (846Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (678Kb)

      Abstract

      Pelayanan dan kepuasan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena dengan adanya kepuasan maka pihak terkait dapat saling mengoreksi sampai dimana pelayanan yang diberikan apakah bertambak baik atau bertambakburuk.hal tersabut sangat dipengaruhi oleh setiap aparat petugas dalam memberikan pelayan ,dengan kata lain pelayanan yang tepat memusnakan adalah pelayanan yang dimintah masyarakat dari jurusan pelayanan itu sendiri.tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayan KTP Kecamatan Sedati Sidoarjo. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk memperoleh gambaran yang komprehensif dan mendalam tentang upaya yang dilakukan oleh kantor Kecamatan Sedati Sidoarjo dalam memberikan kualitas pelayanan KTP kepada masyarakat. fokus dalam penelitian ini adalah keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), kepastian (assurance), empati (emphaty), dan wujud visik (tangibility). Sumber data diperleh dari informan,,opserfasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian atas dasar wawancara yang telah dilakukan di Kantor Kecamatan Sedati Sidoarjo masih kurangnya perubahan yang mendasar sabagai suatu lembaga pelayanan publik masih sangat dirasakan oleh para pemohonan KTP meskipun pihak Kantor Kecamatan Sedati telah berusaha secara Maksimal dengan melakukan pelatihan-pelatihan kepada petugas dalam pembuatan KTP dan Kepala Kantor Kecamatan Sedati Sidoarjo yang telah berusaha memberikan instruksi kepada bawahannya, namun mungkin karena kurangnya dukungan dari segi sumber daya manusianya, sehingga kurang dapat menyentuh para pemohonan yang membuhtuhkan pelayanan. Apabila mengacu pada fokus penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan KTP di Kantor Kecamatan Sedati Sidoarjo kurang sesuai dengan standar pelayanan publik sehingga perludilakukan membenahan-membenahan mendasar yang perlu dilakukan yaitiu kurang mempunyai petuga untuk mengoperansionalkan computer, sehingga ketika computer mengalami kerusakan (hang) maka macetlah pelayanan tersebut. Selain itu perlu ada petugas piket ketika jam istirahat karena sebagai pemohn yang tidak merasakan prestasi secara langsung perlu mendapat pelayanan yang istimewa kapan saja . Peningkatan sumber daya manusia petugas membuatan KTP kususnya dibidang teknologi informatika yang dapat mengoperasionalkan computer, sehingga jika terjadi kerusakan (hang) dapat secepatnya tangani. Kemampuan sarana dan perasarana juga perlu dilakukan pembenahan terutama mengenai toilet yang masih dikeluhkan pemohon mengenai kebersihannya dan juga tempat parkir yang kurang nyaman.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1601 Civil Service
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 01 Feb 2014 16:40
      Last Modified: 01 Feb 2014 16:41
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4917

      Actions (login required)

      View Item