KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS BEJI KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU

Nega , Risia Asmadiya (2013) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS BEJI KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2026Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1014Kb)

      Abstract

      Penelitian ini dilatar belakangi dengan memperhatikan fenomena tentang kualitas pelayanan kesehatan yang dilatar belakangi dengan kepuasan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang secara baik. Perumusan masalah yang digunakan adalah “Bagaimana Kualitas Pelayanan Kesehatan diPuskesmas Beji Kecamatan Junrejo Kota Batu yang Berdasarkan Indek Kepuasan Masyarakat” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang memiliki satu variabel yaitu Kualitas Pelayanan yang menurut 14 indikator sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2004. Fokus penelitian ini antara lain kualitas pelayanan yang menganut dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pengunjung atau pasien yang berada di Puskesmas Beji Hasil penelitian ini sesuai fokus penelitian yang telah ditetapkan,dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan standar pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat yang sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25/ M.PAN / 2 /2004 maka didapatkan hasil kuisioner yang sudah diolah dari 150 orang responden yaitu 75,118 yang masuk dalam kategori kualitas pelayanan B yang berarti kualitas pelayanan Puskesmas Beji dalam memberikan adalah Baik. Hal ini dikarenakan adanya kemudahan prosedur pelayanan di Puskesmas Beji yang tidak berbelit – belit serta kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan yang baik. Kesimpulan dari Kualitas Pelayanan Kesehatan diPuskesmas Beji ini menganut dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25/ M.PAN / 2 /2004 dan standar operasinal (SOP) pelayanan kesehatan. yang dimana pasien atau masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara cepat dan mudah, Namun demikian ini kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan tidak boleh menghentikan langkah para petugas pelayanan untuk terus meningkatkan kualitas atas pelayanan yang diberikan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1601 Civil Service
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 01 Feb 2014 18:45
      Last Modified: 01 Feb 2014 18:46
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4929

      Actions (login required)

      View Item