STRATEGI PUBLIC RELATIONS TV9 DALAM MEMBANGUN CITRA SEBAGAI TELEVISI LOKAL RELIGI DI SURABAYA (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Public Relations TV9 dalam Membangun Citra Sebagai Televisi Lokal Religi di Surabaya)

Dewi , Anggraeni (2013) STRATEGI PUBLIC RELATIONS TV9 DALAM MEMBANGUN CITRA SEBAGAI TELEVISI LOKAL RELIGI DI SURABAYA (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Public Relations TV9 dalam Membangun Citra Sebagai Televisi Lokal Religi di Surabaya). Undergraduate thesis, Faculty of Social Sciences and Political Science.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1) - Published Version
Download (332Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (787Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendesktipsikan bagaimana strategi public relations yang digunakan TV9 Surabaya dalam membangun citra positif sebagai televisi lokal religi di Surabaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif serta analisis deskriptif sebagai metode analisis datanya. Selain itu, teori yang digunakan penelitian dalam penelitian ini adalah teori model komunikasi Lasswell yang merupakan teori komunikasi sederhana yang biasanya digunakan public relations. Dimana public relation diartikan sebagai komunikator yang hendak menyampaikan pesan yang berupa citra perusahaan yang ingin disampaikan kepada publik sasarannya sebagai cermin dari komunikasi melalui implementasi program-program strategisnya yang mudah diterima publik dan dengan mengharapkan efek berupa citra positif dibenak publiknya. Penulis menggunakan teori tersebut dikarenakan relevan dan dapat dinterpretasikan pada masalah yang diteliti oleh penulis. Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi public relations TV9 dalam membangun citra positif perusahaan sebagai televisi lokal yang berbasis religi di Surabaya. Hasil penelitian ini adalah strategi yang digunakan public relations TV9 dalam membangun citra perusahaan sebagai televisi lokal religi di Surabaya yaitu dengan menjalankan fungsi dan kegiatan yang dilakukan public relations perusahaan. Fungsi public relations TV9 adalah menciptakan identitas citra perusahaan yang positif dengan cara membaik-baikan dan mempromosikan kebaikan perusahaan di publik maupun di instansi lain yang bekerja sama dengan TV9. Sedangkan kegiatan public relations TV9 kegiatan promotion yang berupa periklanan yaitu pemasangan panflat dan media elektronik seperti facebook, twitter, dan website. serta publisitas public relations yaitu dengan mempublikasikan atribut berupa tagline "santun menyejukkan". Sedangkan publisitas public relations yang dilakukan adalah mempromosikan dan membangun citra perusahaan dengan atribut yang berupa tagline. Dengan tagline yang unik dan berbeda dengan yang lain akan menjadi identik sebuah citra perusahaan. Kata Kunci : Strategi Public Relations, Televisi Lokal Religi, Citra Perusahaan

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 28 Mar 2014 10:15
      Last Modified: 28 Mar 2014 10:16
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/4980

      Actions (login required)

      View Item