PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEDANYANG KECAMATAN KEBOMAS KABUPATEN GRESIK

Intan , Giri Gresia (2014) PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEDANYANG KECAMATAN KEBOMAS KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, Faculty of sciences and political sciences.

[img]
Preview
PDF (Cover-Bab 1) - Published Version
Download (408Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 2 - Daftar Pustaka ) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (967Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan oleh pada masalah terhadap minimnya sarana dan prasarana yang memadai dalam penyelenggraan pendidikan akademik dan non akademik. Oleh karena itu bagaimana peran komite sekolah dalam menunjang penyelenggaraan pendidikan di SDN Kedanyang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif diskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan sumber data dan jenis data, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini seperti pengamatan, wawancara Mendalam, serta Dokumen. analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara kualitatif ini dapat memperoleh keteraturan dan sistematis yang ketiganya saling berkaitan yaitu meliputi: Reduksi Data,Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif menujukkan bahwa (a) Peran Komite Sekolah Dalam Bentuk Pemberi Pertimbangan (Advisory Agency) meliputi program sekolah, penyusunan RAPBS, dan pengadaan SDM pendidikan, komite sekolah sudah dijalakan dengan baik. (b) Peran Komite Sekolah Sebagai Badan Pendukung (Supporting Agency), perannya sebagai badan pedukung dapat dilihat dari komite sekolah sebagai pendukung dalam pengelolaan sumber daya, pengelolaan sarana dan prasarana serta dalam pengelolaan anggaran. Peran komite skeolah sebagai pemberi pendukung dalam penyusunan RAPBS, dalam pengelolaan sumber daya membantu dalam pengadaan tenaga kerja pendidik dalam akademik maupun non akademik. Tetapi komite sekolah dalam pendukung pengelolaan sarana dan prasarana memberikan dukungan melalui sumbangan buku di perpustakaan. (c) Peran Komite Sekolah Dalam Bentuk Pengontrol (Controlling Agency) dapat dilihat dari komite sekolah sebagai pengontrol dalam perencanaan pendidikan, pelaksanaan program seklah dan output pendidikan. Komite sekolah melakukan pengawasan 2 bulan sekali. Pada saat rapat komite sekolah diundangan untuk mengawasi dan diberi tahu dari hasil rapat tersebut. (d) Peran Komite Sekolah Dalam Bentuk Mediator (Mediating Agency) dapat dilihat dari peran komite sekolah sebagai mediator, komite sekolah memberikan usulan kepada kepala sekolah yang sudah diterima dari keluhan wali murid serta melaksanakan dengan cara mediasi dengn kepala sekolah SDN Kedanyang. Peran komite sekolah sebagai mediasi belum bisa melaksanakan mediasi dengan kepala sekoah karena tidak ada keluhan yang harus dimediasikan kepada kepala sekolah. Secara umum peran komite sekolah sudah berjalan dengan baik tetapi dalam mendukung saran dan prasarana pendidikan nasional.yang belum dimiliki sesuai standart pediikan nasional belum isa dilakukan karena dana di miliki sekolah hanya cukup untuk mendukung kegiaatan operasional masih memberi sumbangan buku. Kata kunci : komite sekolah, penyelenggaraan pendidikan

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 31 Mar 2014 11:30
      Last Modified: 31 Mar 2014 14:25
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5073

      Actions (login required)

      View Item