PENGARUH PERILAKU BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPRITUAL TERHADAP STRES KULIAH MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus: Mahasiswa Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)

Iwan , Mashudi (2014) PENGARUH PERILAKU BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPRITUAL TERHADAP STRES KULIAH MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus: Mahasiswa Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur). Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab 1) - Published Version
Download (494Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1401Kb)

      Abstract

      Prilaku belajar merupakan dimensi belajar yang dilakukan individu yang dilakukan individu secara berulang-ulang sehingga menjadi otomatis dan spontan. Kecerdasan emosional kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain sehingga dapat member pengaruh yang positif dalam kehidupan individu masing-masing. Dan kecerdasan spiritual dasar tumbuhnya harga diri, nilai-nilai, moral, rasa memiliki, dan membantu mengembangkan diri untuk menerapkan nilai-nilai positif. Sedangkan stres kuliah suatu keadaan tertekan, baik secara fisik maupun pisikologis dan dapat mempengaruhi proses konsentrasi belajar mahasiswa akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 angkatan 2010 yang berjumlah 163 mahasiswa akuntansi. Sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan teknik stratified random sampling yaitu pengambilan sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi ini. Data yang digunakan adalah data primer. Sedangkan teknik analisis yang dipergunakan adalah partial least square (Pls). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prilaku belajar tidak berpengaruh terhadap stres kuliah T-statistik sebesar 1,531 kurang dari 1,96, kecerdasan emosional berpengaruh terhadap stres kuliah T-statistik 2,154 lebih dari 1,96, kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap stres kuliah T-statistik sebesar 2,416 lebih dari 1,96. Kata Kunci : Perilaku belajar, kecerdasan emosional, kecerdasan spritua, stres kuliah

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 08 Apr 2014 09:19
      Last Modified: 08 Apr 2014 09:20
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5376

      Actions (login required)

      View Item