PENGARUH MEDIA PENDIDIKAN, MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi UPN “Veteran” Jawa Timur)

Defri , Triwantoro (2013) PENGARUH MEDIA PENDIDIKAN, MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi UPN “Veteran” Jawa Timur). Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (COVER - BAB 1)
Download (840Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 2- DAFTAR PUSTAKA)
    Restricted to Repository staff only

    Download (1300Kb)

      Abstract

      Pada dunia globalisasi saat ini perkembangan ilmu pengetahuan masyarakat Indonesia berjalan semakin hari semakin cepat seiring dengan adanya modernisasi serta teknologi yang maju dan berkembang, akuntansi adalah salah satu diantaranya. Akuntansi sebagai bahasa bisnis, sangat membantu dunia usaha dalam mengukur, mengkomunikasikan dan menginterprestasikan informasi aktifitas keuangan. Penelitian ini merumuskan masalah mengenai apakah media pendidikan, minat belajar dan motivasi berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Angkatan 2010. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris dan membuktikan adanya pengaruh antara media pendidikan, minat belajar dan motivasi terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Variabel yang digunakan adalah Media Pendidikan (X1), Minat Belajar (X2), dan Motivasi (X3) terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Y). Skala dalam penelitian ini yaitu skala likert. mahasiswa Strata satu (S1) program studi Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran” Jawa Timur angkatan tahun 2010 yang berjumlah 189 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 66 mahasiswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini adalah model Partial Least Square (PLS) yang dihasilkan cocok untuk menguji pengaruh Media Pendidikan (X1), Minat Belajar (X2), dan Motivasi (X3) terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Y). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel Media Pendidikan dan Minat Belajar tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, sedangkan variabel Motivasi berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 28 Apr 2014 15:16
      Last Modified: 28 Apr 2014 15:16
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5439

      Actions (login required)

      View Item