ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK (Studi kasus pada pegawai yang bekerja pada Bagian Keuangan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Pemprov Jatim)

Elsa , Triandhani Putri (2013) ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK (Studi kasus pada pegawai yang bekerja pada Bagian Keuangan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Pemprov Jatim). Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (COVER - BAB 1)
Download (891Kb) | Preview
    [img] PDF (BAB 2-DAFTAR PUSTAKA)
    Restricted to Repository staff only

    Download (946Kb)

      Abstract

      ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK (Studi kasus pada pegawai yang bekerja pada Bagian Keuangan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Pemprov Jatim) Oleh ABSTRAK Pendidikan merupakan suatu usaha untuk mendapatkan dan meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, mengembangkan kemampuan dan membina kepribadian individu yang dilakukan oleh para individu secara formalitas dan dibuktikan dengan ijazah terakhir sebagai latar belakang pendidikan yang dapat dijadikan sebagai dasar pemberian kerja. Dan pelatihan didefinisikan sebagai segala usaha yang dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan seseorang agar mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta diharapkan mampu mewujudkan tujuan – tujuan organisasi. Sedangkan tingkat pemahaman akuntansi sektor publik adalah sejauh mana para pegawai yang bekerja di bagian keuangan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Pemprov Jatim dalam memahami sistem akuntansi sektor publik, peraturan – peraturan yang telah ditetapkan serta bagaimana penerapannya. Populasi dalam penelitian ini 17 pegawai bagian keuangan yang bekerja pada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Pemprov Jatim. Sampel yang digunakan adalah teknik sensus dimana setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Data yang dipergunakan adalah data primer. Sedangkan teknik analisis yang dipergunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda. Hasil analisis kemudian di analisis dengan uji asumsi klasik serta uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi sektor publik para responden. Variabel pelatihan berpengaruh lebih dominan terhadap tingkat pemahaman akuntansi sektor publik dibandingkan pendidikan. Dapat dilihat dari nilai r 2 parsial pada variabel pendidikan sebesar 5,19%, sedangkan nilai r 2 parsial pada variabel pelatihan sebesar 22,37%. Kata kunci : Pendidikan, Pelatihan, dan Tingkat Pemahaman Akuntansi Sektor Publik.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 30 Apr 2014 12:02
      Last Modified: 30 Apr 2014 12:02
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5462

      Actions (login required)

      View Item