KUALITAS PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SURABAYA

DIAN , PRATHIWI (2013) KUALITAS PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1) - Published Version
Download (273Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (367Kb)

      Abstract

      Berdasarkan fenomena bahwa masih ada masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran dan membludaknya jumlah pemohon di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan & menganalisa tentang kualitas pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependuudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini adalah Prosedur Pelayanan, Waktu Penyelesaian, Biaya Pelayanan, Produk Pelayanan, Sarana dan Prasarana, Kompetensi Petugas Pemberi Pelayanan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Analisa data dalam penelitian ini dengan menggunakan model interaktif. Dari hasil penelitian dan pembahasan menghasilkan kesimpulan : 1) prosedur pelayanan dalam pelaksanaan prosedur pelayanan akta kelahiran baik pegawai DISPENDUKCAPIL dan pemohon akta kelahiran sudah mengetahui dan memahami prosedur – prosedur yang ada yang berkaitan dengan prosedur pelayanan akta kelahiran. Meskipun pemohon sedang banyak, pihak DISPENDUKCAPIL tetap mengacu pada aturan atau ketentuan yang berlaku dalam prosedur pelayanan akta kelahiran, namun langkah – langkah atau alur prosedur pelayanan akta kelahiran tidak terdapat di papan informasi. 2) waktu penyelesaian dalam hal penyelesaian akta kelahiran telah sesuai dengan PERDA Nomor 5 tahun 2011 yaitu 7 hari kerja. Disaat pemohon sedang banyak waktu penyelesaiannya agak terlambat. 3) biaya pelayanan pemohon yang berusia 60 hari kerja tidak dikenakan biaya ataupun denda, yang berusia diatas 1 tahun dikenakan biaya Rp. 100.000, biaya pelayanan yang dikeluarkan atau dibayar pemohon telah sesuai aturan yang ada. 4) produk pelayanan yang diterbitkan atau dikeluarkan oleh DISPENDUKCAPIL sudah baik, sudah sesuai dan sudah memenuhi suatu standar nasional dan internasional. 5) sarana dan prasarana dilihat sarana utama : loket pelayanan, komputer, printer pemohon sedang banyak kurang memadai. Sarana pendukung : papan informasi, tempat parkir, toilet, mushola yang ada di DISPENDUKCAPIL dalam kondisi bagus, sudah memadai. Disaat pemohon sedang banyak kurang memadai. salah satunya tempat parkir. Letak lokasi DISPENDUKCAPIL kurang strategis tapi masih bisa di jangkau. keberadaan website DISPENDUKCAPIL sangat mudah diakses. Pengamanan dalam ruang tunggu kalau dilihat sudah cukup memadai, disaat pemohon sedang banyak jumlah security dan linmas kurang memadai. Kebersihan di DISPENDUKCAPIL sudah cukup bersih dan nyaman. 6) Kompetensi Petugas Pemberian Pelayanan akta kelahiran di DISPENDUKCAPIL sudah sesuai dengan pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap, dan perilaku yang dibutuhkan. Key word : kualitas pelayanan, prosedur pelayanan, Waktu Penyelesaian, Biaya Pelayanan, Produk Pelayanan, Sarana dan Prasarana, Kompetensi Petugas Pemberi Pelayanan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1601 Civil Service
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 16 Apr 2014 09:51
      Last Modified: 16 Apr 2014 09:52
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5483

      Actions (login required)

      View Item