PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ), KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKTIVIS ORGANISASI UPN “VETERAN” JAWA TIMUR

FEBRIANTI , DWI CAHYANI (2013) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ), KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKTIVIS ORGANISASI UPN “VETERAN” JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, UPN "veteran" jawa timur.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1)
Download (1283Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2- daftar pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (1154Kb)

      Abstract

      Pendidikan tinggi akuntansi yang menghasilkan lulusan dalam bidang akuntansi saat ini dituntut untuk tidak hanya menghasilkan lulusan yang menguasai kemampuan di bidang akademik, tetapi juga mempunyai kemampuan yang bersifat teknis analisis dalam bidang humanistic skill (kemampuan menghadirkan diri secara manusiawi dalam kehidupan masyarakat yang turut bertanggungjawab bagi kelangsungan nilai-nilai kemanusiaan dan kemasyarakatan) dan professional skill (kemampuan melaksanakan profesinya dengan berbekalkan pengetahuan akademik yang memadai dalam rangka mengaktualisasikan dirinya di masyarakat) sehingga mempunyai nilai tambah dalam bersaing di dunia kerja. Proses belajar mengajar dalam berbagai aspeknya sangat berkaitan dengan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan intelektual (IQ) mahasiswa. Kecerdasan emosional ini mampu mengelola perasaannya dan memotivasi dirinya sendiri, kesanggupan untuk tegar dalam menghadapi frustasi, mampu berempati dengan orang lain. Sedangkan kecerdasan intelektual mampu untuk mengarahkan pikiran atau tindakan, mampu untuk mengubah arah tindakan bila tindakan tersebut telah dilakukan, dan mampu untuk mengeritik diri sendiri. Oleh karena itu harusnya menyeimbangkan antara keduanya agar dapat meraih keberhasilan yang diinginkan dalam mencapai tujuan dan cita-citanya. Obyek penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi yang aktif berorganisasi di UPN “Veteran” Jawa timur. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa UPN “Veteran” Jatim Progdi Akuntansi angkatan tahun 2009 dan 2010 dengan jumlah 52 mahasiswa dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui interview dan kuesioner. Model analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah regresi linier berganda serta untuk mengetahui pengaruhnya digunakan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional tidak mempunyai pengaruh signifikan sedangkan kecerdasan intelektual dan minat belajar mempunyai pengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD58.7 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 02 May 2014 10:46
      Last Modified: 02 May 2014 10:46
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5498

      Actions (login required)

      View Item