PENGARUH MOTIVASI, MINAT BELAJAR, DAN KOMPETENSI DOSEN PENGAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL ”VETERAN” JAWA TIMUR

INTAN AYU , FAHMININGTYAS (2013) PENGARUH MOTIVASI, MINAT BELAJAR, DAN KOMPETENSI DOSEN PENGAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL ”VETERAN” JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, UPN "veteran" jawa timur.

[img] PDF (cover - bab 1)
Restricted to Repository staff only

Download (854Kb)
    [img] PDF (bab 2- daftar pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (1160Kb)

      Abstract

      Perkembangan zaman saat ini sedemikian pesatnya. Realitas yang kita hadapi adalah terus bertambahnya lulusan Perguruan Tinggi dari tahun ke tahun. Setiap tahun, puluhan ribu lulusan perguruan tinggi (Sarjana dan Diploma) masuk ke pasar kerja, namun hanya sebagian kecil saja yang dapat diserap oleh dunia kerja. Berbagai kekurangan dikeluhkan, salah satunya seperti dasar pengetahuan yang kurang memadai. Sesuai dengan kondisi yang demikian, maka UPN sebagai salah satu Universitas di Jawa Timur perlu memperhatikan seberapa besar tingkat pemahaman yang dimiliki oleh mahasiswanya, khususnya mahasiswa akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Motivasi, Minat Belajar, dan Kompetensi Dosen Pengajar berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 181 mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi angkatan 2009. Dari populasi tersebut dilakukan teknik sampel dengan menggunakan Simple Random Sampling sehingga memperoleh sampel sebanyak 64 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan data primer dimana data diperoleh dari jawaban responden atas kuesioner yang disebar. Sedangkan Teknik Analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan, Motivasi, Minat Belajar, dan Kompetensi Dosen Pengajar berpengaruh signifikan terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Dan secara parsial, hanya Minat Belajar dan Kompetensi Dosen Pengajar yang berpengaruh secara signifikan terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, sedangkan Motivasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD58.7 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 02 May 2014 14:53
      Last Modified: 02 May 2014 14:53
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5533

      Actions (login required)

      View Item