PERLINDUNGAN HAK-HAK KONSUMEN DALAM PELAYANAN AIR BERSIH PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

BUDI , ROMADHONA (2013) PERLINDUNGAN HAK-HAK KONSUMEN DALAM PELAYANAN AIR BERSIH PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1) - Published Version
Download (1166Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1170Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perlindungan hak-hak konsumen di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dan upaya penyelesaian gugatan terhadap kelalaian pelayanan yang dilakukan oleh PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris dan pendekatan masalahnya melalui penelitian kepustakaan, penelitian wawancara di lapangan. Bahan sebagai acuan adalah data kusioner para pelanggan/konsumen. Bahwa dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan hak-hak konsumen yang masih belum tercapai adalah hak untuk mendapatkan pembinaan dan pendidikan konsumen. Kendala-kendala yang dihadapi dalam perlindungan konsumen adalah kendala rendahnya kesadaran konsumen dalam mempertahankan hak-haknya dan kendala kurangnya pengawasan serta pembinaan dari lembaga terkait. Menurut penulis kelalaian yang terjadi adalah kurangnya pengawasan lapangan dalam pengecekan. pipa distribusi dan pipa air yang sudah berkarat sehingga timbul kekeruhan pada air. Permasalahan antara pihak konsumen pelanggan dengan pihak PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dapat ditempuh melewati jalur damai musyawarah yaitu langsung datang ke costumer service, bisa juga menempuh jalur non litigasi yaitu melalui cara negosiasi dan mediasi yang berdasarkan kesepakatan para pihak dan saling menguntungkan para pihak. Dan bisa juga menempuh jalur hukum. Namun menurut penelititan belum ada konsumen yang melakukan gugatan ke pengadilan. Kata Kunci : Perlindungan, konsumen, air bersih.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K2100 Courts. Procedure
      K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K2100 Courts. Procedure
      K Law > K2100 Courts. Procedure
      Divisions: Faculty of Law > Science of Law
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 17 Apr 2014 11:05
      Last Modified: 17 Apr 2014 11:06
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5536

      Actions (login required)

      View Item