PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Kasus Pada PNS dan Non PNS Yang Bekerja Di Bagian Keuangan Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Surabaya)

Tri Ghama , Dawegga Putra (2014) PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Kasus Pada PNS dan Non PNS Yang Bekerja Di Bagian Keuangan Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Surabaya). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab 1) - Published Version
Download (404Kb) | Preview
    [img] PDF (Daftar Pustaka - Bab 2) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (687Kb)

      Abstract

      Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada pegawai yang menangani keuangan di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya diketahui bahwa latar belakang sangat beragam, oleh karena itu tingkat pemahaman akuntansi yang dimiliki oleh pegawai yang menangani keuangan di lingkup Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya perlu diteliti karena apabila ada peraturan – peraturan yang dikeluarkan pemerintah mengenai pengelolaan keuangan bias dijalankan dengan maksimal. Selain pendidikan, pelatihan juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi Sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling yaitu sampel dengan kriteria tertentu sedangkan teknik analisis yang dipergunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda. Data yang dipergunakan adalah data primer. Hasil analisis kemudian di analisis dengan uji asumsi klasik serta F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai koefisien R-Square 0,298 yang artinya adalah variabel pendidikan dan pelatihan mempengaruhi variabel tingkat pemahaman akuntansi sebesar 29,8%. Hasil uji t diatas menunjukkan bahwa secara parsial variabel pendidikan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pemahaman akunatansi. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung pada variabel pendidikan sebesar 1,619 dengan tingkat signifikan sebesar 0,136 lebih besar dari 0,05 sedangkan pada variabel pelatihan juga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung pada variabel pelatihan sebesar 0,294 dengan tingkat signifikan sebesar 0,775 lebih besar dari 0,05. Kata Kunci : Pendidikan, Pelatihan, dan Tingkat Pemahaman Akuntansi.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 17 Apr 2014 16:47
      Last Modified: 17 Apr 2014 16:47
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5555

      Actions (login required)

      View Item