DAMPAK UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI tahun

Robi , Suprayogi (2013) DAMPAK UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI tahun. Undergraduate thesis, UPN "veteran" jawa timur.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1)
Download (424Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2- daftar pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (994Kb)

      Abstract

      Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan adalah komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya. Tanggung jawab sosial dan lingkungan (Corporate Social Responsibility/CSR) dipandang sebagai bentuk kontribusi perusahaan kepada masyarakat dan pihak-pihak terkait atas tanggung jawab sosial dan kelangsungan perusahaan. Hal tersebut memperluas tanggung jawab perusahaan, di luar peran konvensional untuk menyediakan laporan keuangan kepada pemilik modal. Untuk mengkomunikasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang telah dilaksanakan, maka aktivitas tanggung jawab sosial dan hal-hal terkait dilaporkan dalam laporan tahunan sebagai bentuk corporate social and environmental responsibilitiy reporting. Dengan pelaporan pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam laporan tahunan perusahaan ini diharapkan perusahaan memperoleh legitimasi atas peran sosial dan kepedulian lingkungan yang telah dilakukan oleh perusahaan tersebut, sehingga perusahaan akan memperoleh dukungan dari masyarakat, dan kelangsungan hidup perusahaan dapat diperoleh. Variabel dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan (X1), profitabilitas (X2), leverage (X3) dan pengungkapan tanggung jawab sosial (Y). Sampel peneltian ini adalah 22 data laporan keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009 – 2011. Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa jumlah ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab social. Kata Kunci : Ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan pengungkapan tanggung jawab sosial.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 06 May 2014 10:16
      Last Modified: 06 May 2014 10:16
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5664

      Actions (login required)

      View Item