PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP STRES KULIAH MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas PembangunanNasional “VETERAN” JawaTimur)

Titis , Ari Asmoro (2013) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP STRES KULIAH MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas PembangunanNasional “VETERAN” JawaTimur). Undergraduate thesis, UPN "veteran" jawa timur.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1)
Download (422Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2-daftar pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (1246Kb)

      Abstract

      Kecerdasan emosional mampu melatih kemampuan mahasiswa dalam mengelola perasaan, memotivasi diri, tegar dalam menghadapi frustasi, mengendalikan dorongan dan menunda kepuasaan sesaat, mengatur suasana hati yang reaktif, serta mampu berempati dan bekerja sama dengan orang lain. kecerdasan spiritual adalah landasan yang diperlukan untuk memfungsikan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional secara efektif dan merupakan kecerdasan tertnggi yang dimiliki oleh manusia. Hal ini berarti orang yang memiliki Kecerdasan Spiritual akan mewujudkan dalam perilaku yang luhur. Perilaku belajr didefinisikan sebagai kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar yang jelek disebabkan oleh kurangnya kesadaran mahasiswa mengenai makna belajar di perguruan tinggi, sehingga mahasiwa tersebut merasa frustasi dalam menjalankan proses belajar. Penelitian ini dilakukan pada 59 mahasiswa akuntansi Universitas Pmbangunan Nasional “VETERAN” Jawa Timur pada angkatan 2009 dengan data primer berupa kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah regresi. Hasil analisis kemudian di analisis dengan uji asumsi klasik serta uji F dan uji t statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual tidak bepengaruh signifikan terhadap stres kuliah dan perilaku belajar mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap stres kuliah. Variabel kecerdasan emosional, keerdasan spiritual dan perilaku belajar mempunyai pengaruh positif terhadap stress kuliah yang artinya menunjukkan perubahan yang searah dari setiap variabel dan setiap perubahan variabel sebesar satu satuan akan meningkatkan variabel stres kuliah. Dengan asumsi pengaruh tiap variabel adalah konstan/tidak berubah.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2951 Cooperation. Cooperative Societies
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 06 May 2014 10:26
      Last Modified: 06 May 2014 10:26
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5671

      Actions (login required)

      View Item