LOYALITAS PELANGGAN

DEDI , GIYANTORO (2013) LOYALITAS PELANGGAN. Undergraduate thesis, UPN "veteran" jawa timur.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1)
Download (329Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2-daftar pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (1297Kb)

      Abstract

      Berdasarkan data penjualan data penjualan pada Alfamart Gubeng Kertajaya 3 Surabaya mulai Januari – September 2012, telah terjadi ketidakstabilan dan kecenderungan penurunan pada tingkat penjualannya. Kecenderungan penurunan tingkat penjualan di Alfamart Gubeng Kertajaya 3 Surabaya tersebut didukung oleh kenaikan jumlah komplain pelanggan dalam setiap bulannya pada Januari – September 2012. Terjadinya kecenderungan penurunan pada penjualan serta kecenderungan meningkatnya jumlah komplain pelanggan di Alfamart Gubeng Kertajaya 3 Surabaya tersebut mengindikasikan tingkat kualitas layanan yang diberikan pihak Alfamart kepada pelanggan kurang bagus dan tingkat kepuasan pelanggan Alfamart yang semakin menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas dengan relationship marketing dan kepuasan sebagai variabel intervening di Alfamart Gubeng Kertajaya 3 Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling tepatnya purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria- kriteria tertentu, meliputi: respoden berusia minimal 21 tahun dan respoden pernah belanja ke Alfamart Gubeng Kertajaya 3 Surabaya minimal 2 kali. Penentuan jumlah sampel didasarkan pada asumsi SEM bahwa besarnya jumlah sampel yaitu 5-10 kali parameternya yang di estimasi. Pada penelitian ini ada 20 indikator, sehingga jumlah sampel yang diestimasi yaitu antara 100-200. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan adalah (20x6) = 120 responden yang merupakan pelanggan di Alfamart Gubeng Kertajaya 3 Surabaya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap relationship marketing dan kepuasan pelanggan Alfamart Gubeng Kertajaya 3 Surabaya, serta relationship marketing juga tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Alfamart Gubeng Kertajaya 3 Surabaya. Sedangkan kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada Alfamart Gubeng Kertajaya 3 Surabaya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 30 Apr 2014 10:44
      Last Modified: 30 Apr 2014 10:44
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5717

      Actions (login required)

      View Item