CELEBRITY ENDOSER TERHADAP SIKAP DAN MINAT BELI PERMEN KOPIKO (STUDI KASUS PADA PEMIRSA TELIVISI DI KAWASAN UPN VETERAN JATIM SURABAYA)

Prabowo , Eka Hadi Saputra (2013) CELEBRITY ENDOSER TERHADAP SIKAP DAN MINAT BELI PERMEN KOPIKO (STUDI KASUS PADA PEMIRSA TELIVISI DI KAWASAN UPN VETERAN JATIM SURABAYA). Undergraduate thesis, UPN "veteran" jawa timur.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1)
Download (340Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2 - daftar pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (1315Kb)

      Abstract

      Penelitian tentang celebrity endoser sudah pernah banyak dilakukan oleh peneliti-peneliti lain, namun penelitian pengaruh celebrity endoser pada iklan produk permen Kopiko di Surabaya belum pernah dilakukan, terutama penelitian celebrity endoser dengan menggunakan metode PLS (partial least square). Berdasarkan data hasil penjualan pangsa pasar ekspor produk mayora (Perusahaan Kopiko) pada tahun 2012 mengalami penurunan penjualan dibandingkan tahun 2011, yaitu dari 33% menjadi 31%.. Maka dari itu penulis melakukan penelitian pengaruh celebrity endoser pada iklan produk permen Kopiko terhadap sikap dan minat beli pada pemirsa Televisi dikawasan UPN Jatim Surabaya dengan menggunakan metode PLS (partial least square). Sampel dilakukan terhadap 64 responden yang berprofesi sebagai mahasiswa S1 dan D3 UPN Jatim Surabaya. Dari 64 sampel telah ditemukan bahwa variabel laten celebrity endoser yang diukur dengan indikator attractiveness, trustworthiness, expertise dan credibility iklan permen Kopiko ternyata berpengaruh terhadap sikap yang diukur dengan indikator bagus atau tidak bagus, suka atau tidak suka dan bermanfaat atau tidak. Variabel laten sikap berpengaruh terhadap variabel laten minat beli dimana indikator minat minat beli diukur dengan minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, dan eksploratif pemirsa TV di Surabaya. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Celebrity endoser dapat meningkatkan sikap pemirsa TV. Semakin bagus sikap pemirsa TV akan meningkatkan minat beli pemirsa TV terhadap produk iklan kopiko yang diiklankan oleh celebrity endoser di Surabaya terutama minat referensial.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 02 May 2014 13:49
      Last Modified: 02 May 2014 13:49
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5766

      Actions (login required)

      View Item