SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN PUBLIK DENGAN METODE SCORING

RADITIYA , AGUNG .S (2013) SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN PUBLIK DENGAN METODE SCORING. Undergraduate thesis, UPN "veteran" Jawa Timur.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (980Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (6Mb)

      Abstract

      Pemerintah Daerah sebagai service provider dan service arranger memiliki kewenangan yang luas untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat setempat. Namun demikian, keberhasilan Pemerintah Daerah dalam menjalankan peranannya tersebut sangat ditentukan pada tingkat kualitas pelayanan publik yang disediakan. Salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik tersebut adalah dengan melakukan evaluasi untuk menilai kinerja pelayanan yang disediakan oleh berbagai Unit Organisasi/Perangkat Daerah. Dalam mencapai kualitas layanan tersebut, maka metode penilaian atau scoring yang berbasis sistem informasi dapat digunakan sebagai acuan dari suatu penilaian pelayanan. Penyelenggara pelayanan akan lebih mudah mengetahui begaimana mutu dari pelayanan yang selama ini diberikan kepada masyarakat selaku pengguna jasa pelayanan, dengan melihat hasil nilai atau scoreyang telah dihimpun dari beberapa responden yang ada. Mengacu pada ketentuan mutu pelayanan yang ada, pelaku pelayanan publik dapat melihat dan mengerti bagaimana harapan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan selama ini. Dengan dibangunnya sistem informasi pengelolaan indeks kepuasan masyarakat yang menggunakan metode penilaian (scoring), diharapkan dapat mengidentifikasikan harapan masyarakat pengguna pelayanan tersebut. Dari hasil pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap layanan publik dengan metode scoringdapat diambil kesimpulan, yaitu tersedianya sistem pengelolaan dalam mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat untuk mengetahui perubahan pada tahun berikutnya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55.4 Industrial engineering. Management engineering > T58.6 Management information systems
      Divisions: Faculty of Industrial Technology > Informatics Engineering
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 16 Sep 2014 14:14
      Last Modified: 16 Sep 2014 14:14
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/6286

      Actions (login required)

      View Item