IB M PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK GURU SEKOLAH DASAR KELURAHAN TASIKMADU DAN KELURAHAN TUNJUNGSEKAR KOTAMADYA MALANG

Irmalia , Suryani Faradisa and Febriana , Santi W, and Yuli , Wahyuni (2015) IB M PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK GURU SEKOLAH DASAR KELURAHAN TASIKMADU DAN KELURAHAN TUNJUNGSEKAR KOTAMADYA MALANG. In: Prosiding Seminar Nasional Research Month : “Sinergi Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat untuk Menumbuhkan Kapasitas Inovasi di Bidang Teknologi, Pertanian, Sosial dan Ekonomi”.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1198Kb) | Preview

    Abstract

    Kegiatan Pengabdian Bagi Masyarakat ini bertujuan untuk mengadakan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan media pembelajaran interaktif bagi guru-guru sekolah dasar di lingkungan Kelurahan Tasikmadu dan Kelurahan Tunjungsekar. Target khusus yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan guru-guru sekolah dasar di Kelurahan Tasikmadu dan Kelurahan Tunjungsekar dalam merancang dan membuat media pembelajaran yang interaktif sehingga dapat meningkatkan efektifitas dalam proses belajar mengajar dan meningkatkan penyerapan materi ajar siswa didik. Adapun perangkat lunak yang digunakan adalah Macromedia Flash 8. Tahapan kegiatan dimulai dengan pendaftaran peserta, dilanjutkan dengan penyampaian materi pengenalan komputer, proses instalasi perangkat lunak, dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai pengenalan Macromedia Flash, yang meliputi jendela kerja, Tool Box, Layer serta Simbol dan Library yang terdapat pada Macromedia Flash 8. Materi pembuatan dasar-dasar animasi meliputi elemenelemen dasar animasi, Tween Motion, Tween Shape, Animasi Guide,Animasi Mask dan dasardasar pemrograman Action Script 2.0. Materi pembuatan cd tutorial interaktif meliputi elemen-elemen dasar dari tutorial interaktif, membuat layout, membuat menu, membuat text scrolling, membuat tampilan fullscreen, membuat tombol close, import file video, import file audio, import video/movie, membuat sound .swf, publish project dan membuat file autorun. Tahap terakhir adalah memberikan tugas mandiri membuat media pembelajaran kepada peserta sesuai dengan bidang ajar yang bersangkutan. Dalam pengerjaan tugas mandiri tersebut dilakukan pendampingan, mulai dari perancangan, pembuatan sampai dihasilkan sebuah tutorial interaktif sesuai dengan tugas yang diberikan.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Prosiding Seminar Nasional Research Month
    Depositing User: Users 8 not found.
    Date Deposited: 18 Apr 2016 10:02
    Last Modified: 18 Apr 2016 10:02
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/7015

    Actions (login required)

    View Item