TINGKAT KEPATUHAN UPN “VETERAN” JAWA TIMUR TERHADAP PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK (Studi tentang Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan)

Tukiman, Tukiman and Ertien Rining , Nawangsari and Budi, Prabowo (2017) TINGKAT KEPATUHAN UPN “VETERAN” JAWA TIMUR TERHADAP PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK (Studi tentang Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan). Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 7 (2). pp. 130-147. ISSN 2303-0089

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (251Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana kebijakan UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai perguruan tinggi negeri terhadap pelaksanaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik nomor 16 tahun 2014 tanggal 2 Mei 2014 terdiri dari : 1.Persyaratan pelayanan 2.Prosedur pelayanan 3.Kepastian waktu pelayanan, 4.Kepastian biaya pelayanan, 5.Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, 6.Kompetensi petugas pelayanan, 7. Perilaku Pelaksana 8.Maklumat Pelayanan, 9.Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan, 10.Kecepatan pelayanan, 11.Keadilan mendapatkan pelayanan, 12.Kedisiplinan petugas pelayanan, 13.Keamanan pelayanan. 14. Kenyamanan lingkungan. Dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dimana menurut Bungin, Burhan, 2011, metode diskriptif diartikan sebagai prosedur dalam meneliti status kelompok manusia, suatu obyek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang, dengan tujuan untuk membuat diskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kuantitatif yaitu dengan menggunakan pengolahan data Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Untuk menggali lebih dalam makna-makna yang dihasilkan dari kuestioner yang diperoleh dari mahasiswa UPN “Veteran” Jatim. Hasil penelitian dari keempat belas unsur yang dinilai nilai rata-rata interval IKM (kualitas pelayanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan UPN “Veteran” Jatim terhadap mahasiswa) : 2,54 mempunyai kualitas pelayanan Baik, dan nilai interval korversi IKM ( Kepuasan pelayanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan UPN “Veteran” Jatim terhadap mahasiswa) : 63,50 mempunyai kepuasan pelayanan puas. Dari keempat belas unsur yang dinilai, unsur keamanan pelayanan mempunyai skor tertinggi, dan unsur kesesuaian biaya pelayanan dalam mendapatkan pelayanan mempunyai skor terendah. Keywords : Kepatuhan, UU No. 25 tahun 2009, kualitas Pelayanan administrasi dan akademik, UPN “Veteran” Jawa Timur

    Item Type: Article
    Subjects: K Law > K Law (General) > K3220 Public Policy
    K Law > K3220 Public Policy
    Divisions: UPN Jatim Journal > Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Fatchullah ZA
    Date Deposited: 08 Feb 2018 15:20
    Last Modified: 08 Feb 2018 15:20
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/7349

    Actions (login required)

    View Item