PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI, BERPIKIR KRITIS, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi UPN ”Veteran” Jawa Timur)

Hanum , Atika Riswanti (2010) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI, BERPIKIR KRITIS, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi UPN ”Veteran” Jawa Timur). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (133Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (360Kb)

      Abstract

      PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI, BERPIKIR KRITIS, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi UPN ”Veteran” Jawa Timur) Oleh Hanum Atika Riswanti ABSTRAK Persaingan dalam dunia kerja saat ini semakin tajam akibat adanya globalisasi. Pendidikan tinggi akuntansi sebagai sebuah institusi yang menghasilkan lulusan dalam bidang akuntansi dituntut tidak hanya menguasai kemampuan di bidang akademik tetapi juga kemampuan dalam bidang skill yang memiliki nilai tambah dalam persaingan di dunia kerja. Dalam melaksanakan pekerjaannya secara professional, lulusan fakultas ekonomi ini membutuhkan pemahaman yang cukup mengenai akuntansi itu sendiri. Pemahaman akuntansi merupakan pemahaman seorang mahasiswa untuk mengerti tentang akuntansi. Disini pemahaman akuntansi diukur berdasarkan nilai mata kuliah pengantar akuntansi, akuntansi keuangan menengah, akuntansi keuangan lanjutan, pemeriksaan akuntansi (audit), dan teori akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan secara survey yang menggunakan data primer dari responden yang menjadi obyek penelitian. Sampel yang digunakan sebanyak 61 Mahasiswa akuntansi tahun 2006. Skala pengukuran yang dipakai untuk mengukur variabel X dan Y yaitu dengan menggunakan Skala Interval yang tidak hanya mengelompokkan individu namun juga mengukur besaran perbedaan preferensi antar individu. Sedangkan teknik penyusunan skala menggunakan metode perbedaan semantik (Semantik Differetial Scale). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan alat bantu komputer. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi, berpikir kritis, dan kepribadian berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi. Sedangkan variabel berpikir kritis berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa. Pemahaman akuntansi mahasiswa S1 Akuntansi dipengaruhi oleh kemampuan komunikasi, berpikir kritis, dan kepribadian sebesar 68,4 %. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      L Education > L Education (General)
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 04 Mar 2011 14:45
      Last Modified: 04 Mar 2011 14:46
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/735

      Actions (login required)

      View Item