INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DISPENDUKCAPIL SURABAYA

TENGKU , APRIARA DIAN PRASETYA (2012) INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DISPENDUKCAPIL SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Social Science and Political Science.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I)
Download (78Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (338Kb)

      Abstract

      ABSTRAKSI TENGKU APRIARA DIAN PRASETYA. INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DISPENDUKCAPIL SURABAYA. SKRIPSI, 2012. Penelitian ini berasarkan pada fenomena banyaknya jumlah pemohon yang melakukan pengurusan pembuatan akta kelahiran. Kondisi tersebut diakibatkan adanya peraturan baru Walikota Surabaya tentang adanya pembuatan akta kelahiran dengan biaya gratis.Sehingga perlu adanya upaya untuk memaksimalkan pelayanan guna meningkatkan kualitas pelayanan dan mengatasi keterlambatan dalam pengurusan pembuatan akta kelahiran yang dilakukan oleh pemohon. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Indeks Kepuasan Masyarakat pada pembuatan akta kelahiran di Dispendukcapil Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui IKM di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan satu variable yaitu indeks kepuasan masyarakat dalam pembuatan akta kelahiran di Dispendukcapil Surabaya. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebayak 150 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik sampling accidental. Dan pengumpulan data dengan menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, dengan perhitungan menggunakan standar ukuran IKM berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25./M.PAN/2/2004, maka diperoleh hasil IKM sebesar 77,75 yang berada dalam skala nilai intrerval IKM antara 62,51-81,25 masuk dalam kategori mutu pelayanan (B). Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa indeks kepuasan masyarakat pada pelayanan pembuatan akta kelahiran Dispendukcapil Surabaya adalah baik. Perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan pada unsur kenyamanan lingkungan karena dalam indeks IKM tergolong paling rendah dimana unsure tersebut harus ditinjau oleh dispenduk agar masyarakat pemohon akta dapat mendapatkan pelayanan yang baik. Kata Kunci : Kepusan Masyarakat, Kualitas Pelayanan, IKM

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior > HF5415.335 Consumer Satisfaction
      J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1601 Civil Service
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 08 Aug 2012 09:14
      Last Modified: 08 Aug 2012 09:15
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3480

      Actions (login required)

      View Item