KUALITAS PELAYANAN KERETA API KOMUTER SURABAYA-SIDOARJO-PORONG BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM)

HENDRI , KURNIAWAN (2013) KUALITAS PELAYANAN KERETA API KOMUTER SURABAYA-SIDOARJO-PORONG BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM). Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JAWA TIMUR.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1) - Published Version
Download (1052Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (942Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada latar belakang bagaimanakah kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Kereta Api (Persero) Daerah Operasi VIII Surabaya dengan memberikan fasilitas barn, yaitu : kereta api. Komuter Surabaya-Sidoarjo-Porong, hal ini untuk menunjang kepentingan masyarakat (Publik) mudah, cepat, tepat waktu dan terhindar dari kemacetan di ruas jalan Surabaya - Malang. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kereta Api Komuter Syrabaya – Sidoarjo- Porong Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang memiliki satu variabel yaitu tentang Kualitas Pelayanan Kereta Api Komuter Surabaya – Sidoarjo - Porong yang diukur dari pedoman Indeks Kepuasan Masyarakat. Untuk mengukur kualitas pelayanan maka digunakan 14 unsur sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri PAN Nomor : 25/KEP/M.PAN/2/2004. Di dalam penelitian ini yang menjadi responden adalah para penumpang kereta api komuter Surabaya – sidoarjo - porong sebanyak 150 responden, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Accidental Sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Hasil dari penelitian ini adalah besarnya nilai Indeks Kepuasan Masyarakat pada penelitian ini yaitu 71,985 masuk dalam kategori nilai persepsi 3, nilai interval Koversi IKM 62,51 – 81,25 dengan mutu pelayanan B sehingga dapat disimpulkan bahwa kinerja unit pelayanan Kereta Api Komuter SurabayaSidoarjo-Porong Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).masuk dalam kategori BAIK. Penyelengaraan pelayanan kereta api komuter semua unsur(14) mendapat penilaian baik dan Kualitas pelayanan belum sesuai dengan tujuan pelayanan adalah untuk mencapai tingkat kepuasan masyarakat yang maksimal yaitu kualitas pelayanan sangat baik. hal ini dibuktikan dengan prosentase terbesar jawaban responden berada pada jawaban c dengan skor 3 tetapi yang seharusnya berada pada pilihan jawaban d dengan skor 4 hanya menduduki urutan ke 2 setelah jawaban c untuk semua unsur pelayanan kereta api komuter Masih terdapat masyarakat yang memberikan penilaian dengan jawaban a skor 1 dimana skor 1 adalah skor terendah dalam penilaian IKM demikian juga masih ada masyarakat yang memberikan penilaian dengan jawaban b skor 2, jawaban a dengan jumlah 26 responden masih ditenukan prosedur pelayanan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior > HF5415.335 Consumer Satisfaction
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 16 Apr 2014 10:22
      Last Modified: 16 Apr 2014 10:23
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/5488

      Actions (login required)

      View Item